Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Alat Produksi Brem Candimas Madiun


1.            Timbangan
Berfungsi untuk menimbang bahan baku utama atau beras ketan, timbangan tersebut kapsitas 50kg.
2.           Bak Plastik
Berfungsi sebagai tempat untuk merendam beras ketan sebelum dicuci sampai bersih. Selain itu juga sebagai wadah fermentasi. Kapasitas bak plastik ini kurang lebih 15kg beras ketan yang sudah ditanah diberi ragi. Jumlah bak plastik pada perusahaaan brem “candi Mas”  kurang lebih 100buah dengan ukuran yang sama.
3.           Rinjing (Wadah Peniris)
Berfungsi sebagai tempat untuk meniriskan beras ketan sebelum dilakukan proses. Wadah berkapasitas 25 kg itu terbuat dari anyaman bumbu sehingga air beras cucian dapat keluar pada celah-celahnya dan dapat mempercepat pengeringan.
4.           Dandang Almunium
Berfungsi untuk menanak beras ketan samapai menjadi ¾ matang kapsitas penanakan ini adalah 30 kg. bak ini sangat awet dan tahan panas.
5.           Bak Almunium
Berfungsi sebagai tempat untuk menampung beras ketan yang masih ½ matang pada saat penambahan air pada ketan, selain itu bak almunium juga digunakan sebagai wadah pada saat adonan di kebluk dengan kapasitas 15 kg beras ketan.
6.           Alat Pengepres
Berfungsi untuk mnegepres tape ketan sampai didapatkan ekstrak sari tape. Alat ini dilengkapi dengan batu pemberat serta dongkrak agar batu pemberat dapat turun untuk menekan tape ketan sehingga tetes air tape dapat keluar maximal. Prinsip kerja alat ini, tape diamasukan dalam karung plastik dan bagian atasnya diikat. Kemudian masukkan dalam alat pengepres, tekan dongkrak sampai kebawah dan tape tertekan sehingga sarinya dapat keluar. Setelah itu ampas tapenya dikeluarkan dengan mengendurkan dongkrak atas pemberatnya diambil.
7.            Anyaman Bambu / Iyan bambu
Berfungsi sebagai tempat untuk menghamparkan ketan yang sudah ditanak agar cepat dingin dan siap untuk difermentasi. Anyaman bambu ini berukuran 2 meter dan lebar 1,5 meter dan berjumlah 4 buah untuk sekali masakan memerlukan 2 buat tempat anyaman bambu.
8.           Kuali Pemasakan
Berfungsi sebagai tempat untuk memasak sari tape yang sudah disaring, kuali pemasakan ini terbuat dari bahan kuningan dan berkapasitas 25 liter serta berjumlah 6 buah. Bila kuali tersebut bahannya bukan kuningan, maka brem yang dihasilkan akan amis.
9.           Kipas Angin
Berfungsi sebagai alat yang mempercepat proses pendinginan ketan, agar dapat difermentasi satu wadah anyaman bambu memerlukan 2 buah kipas angin.
10.       Alat Saring
Berfungsi untuk menyaring sari tape hasil pengaprasan maupun sari tape yang sudah dimasak, agar lapisan dari kotoran atau sisa-sisa ampas tape dapat dipisahkan ukuran alat saring ini 30 x 20 cm.
11.        ALat Pengebluk
Berfungsi sebagai pemukul pada saat proses pengentalan, pemadat dan agar brem padat yang dihasilkan menjadi lebih berat. Alat ini terbuat dari kayu brbentuk mirip gayung jumlah pengebluk yang ada di perusahaan brem sebanyak dua buah.
12.       Pengaduk Kayu
Berfungsi untuk mengaduk dan meratakan beras ketan ¾ matang yang sedang didinginkan (dihamparan pada iyan bambu). Alat ini panjangnya hamper mencapai 1 meter.
13.       Enthong Kayu Besar
Berfungsi sebagai alat untuk meratakan beras ketan ¾ matang yang sedang didinginkan (dihamparan pada iyan bambu). Enthong ini berjumlah kurang lebih ada 6 buah. Selain untuk meratakan enthong ini juga untuk mengaduk beras ketan saat penanakan.
14.       Mesin Pengaduk (Mixer)
Berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan sari ketan yang sudah dimasak sekaligus untuk mengentalkan adonan sehingga warnanya berubah dari coklat kemerahan menjadi putih kekuningan. Mesin ini digerakan oleh motor bertenaga 9 PK dengan kapasitas 30 liter dan di mixer selama kurang lebih 30 menit.
15.       Alat Pemotong
Berfungsi sebagai alat untuk memotong adonan yang sudah mengeras sehingga bentuknya seragam sesuai ukuran yang dikehendaki. Panjang alat ini disesuaikan brem yang diinginkan.
16.       Cobek dan Ulek-ulek
Berfungsi sebagai tempat untuk menghaluskan ragi tape, alat ini berdiameter 25 cm.
17.        Kompor Minyak Bertekanan
Berfungsi untuk mananak beras ketan agar menjadi lunak, kompor ini meggunakan bahan bakar minyak tanah dengan kapasitas 5 liter.
18.       Tungku Pemasakan
Berfungsi untuk memasak sari tape dari berbentuk cair hingga menjadi kental, tungku ini berbahan kayu bakar.
19.       Solet dan Plastik
Berfungsi sebagai alat untuk meratakan adonan pada saat pencetakan. Solet ini berbentuk kotak tipis dengan ukuran 10 x 15 cm dengan ketebalan 0,5 cm.
20.      Plastik Penutup
Berfungsi sebagai penutup ketan pada saat fermentasi dan sebagai wadah pencetakan brem.
21.       Meja Cetakan
Berfungsi sebagai tempat menuangkan adonan yang sudah agak kental sampai adonan menjadi brem kering hingga berbentuk seperti meja cetakan. Panjang cetakan ini 3 mdengan lebar 0,5 meter serta berjumlah 24 meja.
22.      Rak Fermentasi
Berfungsi sebagai tempat meletakkan bak-bak plastik yang berisi ketan yang telah diberi tape. Rak fermentasi ini bertingkat tiga (3) dengan ukuran 4 meter dengan lebar 1,25 meter.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.