Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Kesimpulan Membangun Gateway Internet Menggunakan Debian 5

A.    Kesimpulan
Dengan menjalankan Ujian Praktek Kejuruan (UPK) ini maka diharapkan akan menambah pengetahuan saya dan teman-teman semua tentang dunia komputer dan jaringan internet, khususnya bagaimana menkonfigurasi linux debian 5 sebagai server dalam suatu jaringan komputer. Jadi pada sub bidang komputer sangat banyak dan setiap saat berkembang terus menerus mengikuti perkembangan zaman ini yang semakin maju. Begitu juga dengan jaringan komputer yang setiap saat berkembang terus untuk melahirkan suatu jaringan komputer yang aman dan handal.
Linux debian 5 atau disebut juga dengan debian lenny adalah sebuah system operasi yang berbasis open source. Linux debian 5 dapat dijadikan server pada suatu jaringan dengan menggunakan mode text maupun mode GUI dalam 1 instalasi yang sama. Selain itu, linux debian 5 ini juga dapat digunakan sebagai client pada suatu jaringan komputer. Jadi linux debian ini adalah sebuah system operasi yang universal, dapat dijadikan server pada suatu jaringan maupun client pada suatu jaringan.
Namun untuk yang menginstall linux debian dalam mode text maka haruslah paham tentang seluk beluk linux debian, karena pada mode text anda harus benar-benar paham script tentang linux debian. Jika belum maka hasilnya kebingunganlah yang didapat.
Pada Ujian Praktek Kejuruan (UPK) ini saya berhasil menggunakan linux debian 5. Namun untuk konektivitasnya belum dapat berjalan sesuai karena kadang tersambung dan terputus. Begitu juga dengan script yang saya gunakan tidak dapat berjalan semua karena alamat web yang ingin diblokir masih dapat diakses. Tapi untuk hasil kesemuanya sekitar 80% dapat berjalan. Semoga dengan ini dapat menjadikan motivasi bagi saya dan teman–teman semua untuk lebih giat dalam mempelajari sub bidang komputer dan jaringan komputer yang semakin pesat ini. Dan semoga juga dengan ini dapat digunakan sebagai pembelajaran untuk semua.

B.    Saran
1.      Saran untuk Siswa:
Sub bidang komputer sangat banyak. Fokus pada satu bidang terlebih dahulu dan perdalam bidang tersebut. Jika sudah paham, kemudian fokus pada bidang yang lainnya. Fokus pada solusi pemecahan masalah, jangan pada toolsnya. Semoga kelak menjadi insan komputer yang baik.

2.     Saran untuk Lab. TKJ :
Dalam ujian praktek seperti ini kebutuhan akan alat serta bahan untuk praktek haruslah memadai, agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik dan sesuia dengan waktu yang ditentukan.

3.     Saran untuk Pembimbing atau Guru :
Dalam memberikan pembelajaran dan pengarahan, suasana yang menyenangkan akan sangat diperlukan. Guru diharapkan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar bukan sebaliknya yang membosankan dan terkadang monoton. Karena pembelajaran yang menyenangkan akan membuat murid lebih suka terhadap pelajaran dan mudah untuk memahami apa yang diberikan oleh guru.

4.     Saran untuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) :
Ilmu bidang komputer dan jaringan sangatlah luas dan berkembang dengan sangat pesat atau setiap saat berubah mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini. Maka dari itu untuk meningkatkan pengetahuan tentang bidang komputer dan jaringan sangatlah perlu untuk selalu memperkenalkan hal-hal yang baru tentang dunia komputer dan jaringan untuk memajukan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

5.     Saran untuk Sekolah :
Pada zaman sekarang kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sangatlah diperlukan. Maka dari itu sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat mencetak  Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh, hebat, mampu bersaing dan berkualitas.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.