Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Sejarah Brem Candi Mas Madiun


A.    Sejarah Singkat Perusahaan
perusahaan brem cap “Candi Mas” berdiri pada tahun 1987 yang merupakan perusahaan milik perorangan. Perusahaan tersebut dipimpin oleh Bapak Fekodin dengan menimba ilmu dari bundanya yang lebih dahulu berpengalaman dan bertempat tinggal di Sumberejo Kaliabu, Caruban. Sebelum Bapak Fekodin hanya membantu dalam proses pembuatan Brem saja, berbekal dari pengalaman itu beliau bersama istrinya mendirikan perusahaan Brem sendiri, awalnya produksi hanya memproses bahan baku beras ketan putih sebanyak 14kg dan dengan berbekal uang uang Rp.100.000,- bermodalkan dari hasil proses tersebut perusahaan brem “Candi Mas” berdiri.
Perkembangan perusahaan ini sangat pesat, sehingga setiap hari mampu memproduksi 300kg beras ketan putih perhari sebagai bahan baku, dengan jumlah karyawan sebanyak 3 orang pria yang ditempatkan pada bagian pengolahan atau proses, sedangkan dibagian pengemasan dipegang sendiri oleh pemilik perusahaan yaitu istri dan kedua anaknya.
Sejak mulai berdirinya perusahaan brem ini, brem yang dihasilkan mempunyai merk yaitu “Candi Mas” dan “Suling Mas” dan sekarang menciptakan farian rasa yang berbeda-beda yaitu brem rasa strowbery, coklat, melon, durian dan jeruk. Pada tahun 1991 perusahaan ini mempunyai ijin IHO dengan No.503.03/016/414.14/1991.
Baru pada tahun 2000 mendapat kepercayaan dari pemerintah daerah Madiun atas pengembangan usaha dengan keluarnya surat izin perindustrian No.720/13.22/IKAHH/VII/200.Dep.Kes.RI No.SP.047/13/15/1993.

B.    Lokasi Perusahaan
Brem Cap “Candi Mas” berada di desa Bancong jalan Mawar RT.03/RW01 Kecamatan Wonosari Kabupaten Madiun. Secara geografis, lokasi perusahaan Brem ini bias dikatakan kurang strategis karena cukup jauh dari jalan raya, pertimbangnan pendirian usaha didaerah tersebut di dasarkan pada kedekatan terhadap bahan baku utama (beras ketan) dan bahan bakar (kayu bakar).

C.    Struktur Organisasi
Struktur organisasi perusahaan Brem Cap “Candi Mas” sangat sederhana karena perusahaan tersebut perusahaan homo industri atau industri rumah tangga (IRT). Pimpinan perusahaan dipegang langsung oleh pemiliknya yaitu Bapak Fekodin sehingga wewenang dan tanggung jawab di tentukan oleh pimpinan yang pelaksanaanya diserahkan kepada wakil pimpinan yang di maksud adalah istrinya sendiri (Ibu Rummiah).

D.   Uraian Jabatan
Tugas dan wewenang serta tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam organisasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.        Pimpinan
- Mengatur tentang pembelanjaan, terutama berusaha mencari dana yang dibutuhkan.
-    Mengurus masalah-masalah ekstrem perusahaan, misalnya perijinan, pajak dan lain-lain.
-  Mengatur dan mengawasi masalah intern perusahaan yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan.
2.       Wakil Pimpinan
-     Membantu pimpinan dalam menjalankan tugas sehari-hari.
-    Menangani masalah ketenagakerjaan, karena pada perusahaan ini belum ada bagian personalia.
-    Membantu pimpinan dalam menentukan kebijakan dan memecahkan masalah yang dihadapi perusahaan.
-    Bertanggung jawab terhadap pimpinan.
3.      Karyawan
-          Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bagiannya.
-          Bertanggung jawab terhadap pekerjaannya kepada atasannya.

E.    Ketenagakerjaan
Pelaksanaan utama dalam suatu proses produksi adalah tenaga kerja. Para tenaga kerja atau karyawan dituntut adanya ketrampilan, keuletan dan kedisiplinan pengalaman serta dedikasi yang baik agar produk yang dihasilkan berkualitas baik dan berdaya saing.
Tenaga kerja di perusahaan Brem Cap “Candi Mas” berasal dari daerah sekitar lokasi perusahaan mereka bertugas di bagian proses, sedangkan pada bagian pemotongan dan pengemasan dilakukan oleh pemilik perusahaan, system penggajian dihitung perhari Rp.32.000,- dengan jam kerja 6 jam yaitu jam (06.00 – 12.00) serta karyawan memperoleh jaminan berupa pakaian pada saat lebaran, uang untuk berobat dan membantu dana rawat inap keluarga karyawan, pekerja tidak mendapat hari libur kecuali pada hari tertentu atau pada saat perusahaan tidak memproduksi (pemasaran sepi).

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.