Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Sejarah Perusahaan PT.East West Seed

PT. East West Seed Indonesia didirikan pada 16 Juni 1990 H.Rustam Effendy dari PT Kaltimex Jaya, Mr. Simon Groot dari PT East West Internasional, dan Mr Piet mazereeuw dari Enza Zaden B.V. Belanda, di Desa Benteng,   Kecamatan   Campaka, Kabupaten   Purwakarta. Kemudian  disahkan berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia No.B-48/PRES/02/1990 tanggal 20 Februari 1990 dan Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. 02-6048 HT-01.01 tanggal 18 Oktober 1990, PT East
West Seed Indonesia didirkan dengan tujuan utama mencari varietas terbaik bagi petani Indonesia. Pada tanggal 11 Juni 1991, PT East West Seed Indonesia diresmikan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.
Tahun  1991,  PT  East  West  berhasil  mengeluarkan  produk  Open  Pollinated (OP) yaitu kacang panjang varietas merdeka. Tahun 1992  mengeluarkan produk hasil breeding pertama di Indonesia berupa Terong Varietas Mustang F1. Di tahun berikutnya, didirikan pusat penelitian dan pengembangan tanaman untuk dataran tinggi di Lembang, Jawa Barat. Pada tahun 1995 berdiri pusat penelitian dan pengembangan tanaman dataran menengah di Wanayasa, Purwakarta. Pada tahun 1996 berdiri laboratorium penyakit tumbuhan dan kultur jaringan. Setelah itu di tahun 2003, dibangunlah kantor produksi, Laboratorium QA, dan gudang di Jember, Jawa Timur.
Tahun 2006, PT EWSI berhasil melepas produk pertama benih bawang merah varietas Tuk-Tuk. Selanjutnya pada tahun 2007 memperluas bangunan pabrik serta gudang di Purwakarta. Tahun 2008 memperluas kantor, laboratorium, dan gudang di Jember. Pada tahun 2009, PT EWSI berhasil melepas produk baru bernama Kit for Kids, sebuah inovasi penanaman sayuran didalam pot. Hingga sekarang PT EWSI telah berdiri selama 20 tahun.
Sampai sekarang PT EWSI tetap konsisten menjadi perusahaan pertanian yang bergerak dalam bidang perbenihan hortikultura yang berkator pusat di Purwakarta. dengan nama dagang cap “Panah Merah”, perusahaan ini bertujuan untuk menghasilkan varietas-varietas baru, khususnya untuk petani di Indonesia. Sehingga, petani bisa mendapatkan hasil panen yang lebih banyak dengan kualitas yang baik, dan akhirnya pendapatan petani diharapkan akan meningkat.
PT EWSI memulai kegiatannya dari pemuliaan tanaman yang dilanjutkan dengan produksi, pengolahan, penyimpanan benih serta pemasaran. PT EWSI memproduksi benih sayuran yang cocok untuk dataran rendah, menengah, serta tinggi. Hal ini memungkinkan tingkat adaptasi yang tinggi di berbagai tempat di Indonesia.
Selain melakukan produksi sendiri, PT EWSI melakukan pengujian benih sendiri. Pengujian ini tetap berdasarkan standard dari ISTA. Dengan pola pengembangan produk serta riset yang sangat ekstensif, PT East West mendapatkan pengakuan dari pelanggan sebagai perusahaan benih terkemukan di Indonesia. Komitmen terhadap mutu ditunjukkan dengan diraihnya sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2000. Benih hortikultura cap panah merah, telah terbukti mempunyai tingkat hasil dan kualitas panen yang tinggi serta karakternya yang tahan terhadap hama dan penyakit yang lebih baik dari produk sejenis.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.