Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Sejarah PT. Air Mancur Surakarta



PT . Air Mancur pada mulanya merupakan industri rumah tangga yang dirintis oleh Lambertus Wono Santoso yang didirikan di Pucang Sawit Surakarta, Dengan tenaga kerja hanya berjumlah 11 orang. Pada awal berdirinya proses sortasi, pembersihan bahan, penggilingan dan pengemasan masih dikerjakan secara manual. Produk kemudian dipasarkan di Jakarta oleh L.W .Santoso, dan karena terinspirasi dengan sebuah Air Mancur yang ada di Jakarta. maka perusahaan ini dinamakan “ Air Mancur “. Tanggal 23 Maret 1963, L.W. Santoso mengajak 2 orang rekanya, yaitu Kimun Ongkosandjojo dan Rudi Hindrotonojo untuk memperbesar usaha dengan menyewa sebuah pabrik lengkap dengan mesin giling yang terletak di Wonogiri. Pada tanggal 23 Desember 1963 industri rumah tangga ini, resmi berubah menjadi Perseroan dengan nama PT. Air Mancur yang berkedudukan di Wonogiri.

Pada tanggal 1 Januari 1964 seluruh kegiatan dipindahkan dari Pucang Sawit ke Wonogiri dengan tenaga kerja berjumlah 50 orang. Tahun 1969 jumlah karyawan mencapai 68 orang sehingga ruangan menjadi sempit. Oleh karena itu, perusahaan mendirikan gedung baru di jalan pelem Wonogiri yang mulai digunakan pada Tanggal 5 0ktober 1969. Sementara Pucang Sawit digunakan sebagai gudang bahan baku. Pesatnya kemajuan yang dialami perusahaan diimbangi dengan mendatangkan mesin-mesin giling dan mesin tumbuk baru . Jumlah tenaga kerja terus mengalami peningkatan dari waktu kewaktu. sehingga pada tahun 1973 telah mencapai sekitar 1000 karyawan. Pada tahun ini mulai dibangun pabrik lagi di Palur tepatnya di Dusun Tegalharjo,kelurahan Dagen Kecamatan Jaten Karanganyar. karena keperluan ruangan kerja yang mendesak maka pada tanggal 24 Februari 1974.  L.W. Santoso , segera meresmikan pabrik di Karanganyar itu walaupun sebenarnya pembangunanya belum selesai seluruhnya.
Pada tahun 1976 di Desa Jajar, Kleco dalam Kota Surakarta dibangun lagi pabrik. Peresmian pabrik baru di Kleco yang disediakan untuk kegiatan logistik dan laboraturium penelitian dan pengembangan ini, dilakukan oleh Departemen Kesehatan RI pada tanggal 10 Desember 1976. Pada tahun 1978 di bangun lagi pabrik baru di desa Giriwarno, kira-kira 4 Km dari arah Wonogiri kota kearah Solo. Dari tahun ketahun PT. Jamu Air Mancur terus mengalami kemajuan yang cukup berarti, pada tahun 1995 di bangun lagi perusahaan di Jetis, khusus untuk memproduksi kosmetika. Namun PT. Jamu Air Mancur bukan berarti tanpa masalah. Pada tahun 1997 mendapat musibah dimana salah satu bagian dipabrik yang terletak di Palur yaitu bagian pengemasan mengalami kebakaran sehingga untuk proses pengemasan dipindahkan ketempat terdekat dengan Unit palur yakni Celep yang terletak kurang lebih 400m dari Unit Palur. Karena kota solo semakin padat maka lingkungan kota tidak boleh didirikan Industri.


Visi dan misi PT. Air Mancur 
Visi : 
  • Untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia dalam produk-produk   kesehatan alami
Misi :
  • Untuk menghasilkan obat-obatan herbal, minuman kesehatan , Kosmetik dan suplemen makanan dengan inovasi dalam bahan-bahan Alami,    nilai   tambah tinggi dan manfaat kesehatan kepada masyarkat .
  • Untuk mencapai kepuasan pelanggan yang tinggi melalui nilai produk berkualitas
  • Untuk memenuhi stakeholder melalui pertunjukan perdana diatas rata-rata industri
  • Untuk mempertahankan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan diatas rata-rata industry, Selanjutnya meningkatkan pangsa pasar di kategori produk masing-masing .
  • Untuk membangun sumber daya manusia yang handal dan kompeten dalam fungsi masing-masing .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.