Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Sejarah RSPAU Dr.S. Hardjolukito


Sejarah RSPAU Dr.S. Hardjolukito
Rumah Sakit Pusat TNI AU Dr. S . Hardjolukito adalah Rumah Sakit Militer Pusat TNI Angkatan Udara yang bertugas Melayani: TNI AU/PNS dan Keluarga Anggota Kemhan (TNI AD, TNI AL / PNS), Polri dan Keluarga, ASKES, Masyarakat Umum (Jamkesmas, Jamkesda, Jamkesta, Jampersal). Visi dan Misi RSPAU Hardjolukito adalah Terwujudnya RSPAU Dr. S . Hardjolukito Menjadi Rumah Sakit Rujukan bagi prajurit TNI di Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Misi, Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu terhadap anggota TNI AU, keluarga serta masyarakat umum, Menyelenggarakan dukungan kesehatan yang diperlukan oleh setiap operasi TNI/TNI AU dan Meningkatkan kemampuan profesionalisme personel secara berkesinambungan. RSPAU Dr. S. Hardjolukito terletak di JL. Janti Blok O Yogyakarta.
Sejarah Rumah sakit TNI AU berawal dari dibentuknya TPS (Tempat Pengobatan Sementara) pada tahun 1945 dan setelah beberapa lama beroperasi fasilitasnya makin berkembang dan kemudian atas izin Departemen Kesehatan RI pada tanggal 9 April 1990 TPS secara resmi diubah menjadi Rumah Sakit TNI Angkatan Udara “Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta” yang bertepatan dengan hari ulang tahun TNI Angkatan Udara. Penandatangan prasasti dan pemberian nama Rumah Sakit TNI Angkatan Udara oleh Kepala Staf Angkatan Udara pada waktu itu dijabat oleh Marsekal Madya TNI Siboen Dipoatmodjo, dan rumah sakit tersebut tergolong dalam rumah sakit kelas IV/tipe D. Pada tanggal 9 April 1990 secara resmi Rumah Sakit Lanud Adisujtipto menjadi Rumah Sakit “TNI AU Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta “.
Pada tahun 2004 tepatnya tanggal 1 Maret 2004 status Rumah Sakit TNI AU Dr. Suhardi Hardjolukito telah dinaikkan menjadi Rumah Sakit Tingkat III dengan Skep KASAU nomor : Kep/5/III/2004 tanggal 1 Maret 2004. Akibat Gempa bumi Yogyakarta 2006 yang terjadi di Yogyakarta pada tanggal 27 Mei 2006. Bangunan lama Rumah Sakit TNI AU Lanud Adisutjipto mengalami rusak berat. Oleh karena itu, mulai tanggal 29 Mei 2006 secara bertahap kegiatan pelayanan kesehatan Rumah Sakit TNI AU Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta dipindahkan ke bangunan Rumah Sakit baru yang berlokasi di Jalan Raya Janti, Yogyakarta.
Rumah Sakit TNI AU Dr. Suhardi Hardjolukito Yogyakarta diresmikan penggunaannya pada tanggal 2 Agustus 2007 oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Herman Prayitno, dengan fasilitas antara lain : UGD, Poliklinik, Apotek, Laboratorium, Rontgen, Kamar Operasi, Kamar Bersalin, Ruang Perawatan, Kamar Jenazah dan Pengolah Limbah Padat maupun Cair.
Dalam perkembangannya, berdasarkan Peraturan Panglima TNI nomor 14 tahun 2012 dan Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara nomor Perkasau/ 93/X/ 2012, status RSAU tingkat II dr. S. Hardjolukito dinaikkan menjadi status RSPAU dr. S. Hardjolukito.

Visi dan misi RSPAU Dr. S . HARDJOLUKITO
Visi :     
·       Terwujudnya RSAU  Dr. S Hardjolukito Menjadi Rumah Sakit Rujukan TNI DIY dan    Jawa Tengah.
Misi :
·         Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu terhadap anggota TNI AU, keluarga serta masyarakat umum.
·    Menyelenggarakan dukungan kesehatan yang diperlukan oleh setiap operasi TNI / TNI AU.
·      Meningkatkan kemampuan profesionalisme personel secara berkesinambungan.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.