Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Pendahuluan PT.Tiga Pilar Sejahtera


A.    LATAR BE LAKANG
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berfungsi menyiapkan tenaga kerja profesional berupaya mewujudkan fungsinya melalui penerapan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Penerapan sistem dimaksudkan agar SMK dapat bekerja sama lebih erat dengan dunia usaha / dunia industri dan instansi terkait dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan praktek kerja industri serta memanfaatkan tamatan  seoptimal mungkin sehingga terwujud  keterkaitan dan kesepakatan antara kuantitas dan kualitas tamatan SMK dengan kebutuhan dunia industri. Salah satunya SMK N  yang bekerja sama dengan PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk untuk anak didiknya dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan untuk menerapkan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk merupakan perusahaan nasional yang berkembang dan ekspansif juga merupakan pabrik yang berintegrasi di kawasan Sragen Jawa Tengah, Jakarta, Lampung. Untuk penerapan Pendidikan Sistim Ganda (PSG). PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk merupakan perusahaan pangan yang berkualitas tinggi dengan harga kompetitif dicapai dengan sistim  manajemen mutu ISO 9001:2200, sistem jaminan halal dan SNI dengan keamanan pangan HACCP dan ISO 2200:2005 Jenis produk PT. Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk yang  bertempatkan di Sragen yang bervariasi antara lain Mie instan, Mie kering, bihun  kering, bihun jagung dan biskuit. Salah satunya mie kering yang juga bervariasi yaitu MAEE, MADAH, MSL DOLK, MAZT-LK, MFEO, MACO-X.
Mie kering adalah salah satu bentuk makanan yang cukup diminati oleh masyarakat indonesia terutama diwilayah perkotaan.Masyarakat yang mempunyai    jadwal dan aktifitas yang padat,mereka cenderung memilih mie sebagai makanan alternatif pengganti nasi,selain lezat penyajianya pun mudah.Selain mie kering ada juga biskuit yang mempunya variasi produkjuga yaitu  biskuit sekolah ( crackers) biskuit MT bumi (MPASI Dan Growie).Biskuit menjadi salah satu makanan ringan yang diminati dari kalangan anak anak hingga dewasa.
Dalam pengolahan makanan termasuk produk mie kering, biskuit dan bihun banyak faktor yang mempengarui kualitasnya,selain bahan baku dan proses produksi,ternyata ada hal lain yang menjadi erhatian khusus dalam pengolahan pangan yaitu sanitasi.Sanitasi menjadi persyaratan mutlak dalam industri  pangan,sebab berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap mutu pangan dan daya awet produk serta citra perusahaan.PT Tiga Pilar Sejahtera Food tbk,mmberikan jaminan bagi pelanggan bahwa perusahaan mempunyai tanggung jawab mutu dan mampu menyediakan produk dan kehigienisanya terjamin dan capaian sistem menejemen mutu secara umum yang diterapkan di PT Tiga Pilar  Sejahtera Food tbk dengan melakukan pencegahan untuk masalah yang timbul pada semuaproduk yang ada pada PT Tiga Pilar Sejahtera Food tbk  bersertifikat halal.
B.    MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Maksud
Siswa dapat menyesuaikan diri dalam dunia kerja, sehingga dapat terampil dan berkualitas sesuai dengan bidangnya.
2.     Tujuan
a)     Siswa dapat mengenal secara langsung dunia kerja dengan nyata sesuai dengan kompetensi kejuruan.
b)     Siswa mmpeoleh keterampilan yang tidak diperoleh disekolah
c)      Industri memperoleh nilai tambah dalam bentuk tenaga kerja pada proses produksi
d)     Industri dapat menguji siswa sesuai dengan bidang keahlianya.

C.    MANFAAT
Manfaat dilaksanakanya prakerin antara lain:
1.       Manfaat bagi DU/DI
a) Industri memperoleh nilai tambah dalam bentuk tenaga kerja pada proses produksi
b)Industri dapat menguji siswa sesuai dengan bidang keahlianya.
2.      Manfaat bagi siswa
a)     Siswa dapat mengenal secara langsung dunia kerja
b)     Memperoleh keterampilan yang tidak di ajarkan di sekolah
c)      Memperoleh pengetahuan tentang dunia industri
3.      Manfaat bagi sekolah
a)     Meningkat kualitas siswa
b)     Meningkatkan pengetahuan siswa tentang alur proses produksi yang berada di PT Tiga Pilar Sejahtera Food.tbk

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.