Setelah
diadakan observasi di TK Aisyiyah diperoleh hasil sebagai berikut:
1.
Cara penyambutan Anak
Guru datang
lebih awal dari pada anak didiknya, setelah itu para guru menyiapkan alat-alat
perlengkapan belajar maupun bermain yang akan dilakukan dalam kegiatan belajar.
Saat anak-anak mulai datang, guru menyambut anak-anak di depan pintu gerbang
serta bersalaman dan memberi salam.
2.
Penataan Lingkungan
Penataan
lingkungan sudah cukup rapi, hanya saja permainannya masih kurang hingga kadang
kadang-kadang anak harus berebut mainan. Dihalaman sekolah hanya terdapat
ayunan, jungkat jungkit, perosotan dan jembatan rantai.
Didalam kelas
terdapat perlengkapan belajar maupun bermain, di bagian depan kelas terdapat
papan tulis dan meja kursi guru, selain itu didinding depan terdapat gambar
buah-buahan, huruf, angka dan huruf hijaiyah. Di bagian samping terdapat rak
yang langsung direkatkan pada dinding, didalam rak tersebut terdapat banyak
benda tiruan seperti bentuk hewan, buah, segitiga, persegi dll. Dibagian
belakang kelas terdapat lemari dan rak buku. Dalam rak terdapat buku pelajaran
anak-anak, alat tulis, alat gambar dan hasil kreasi anak-anak, didalam lemari
terdapat permainan anak-anak seperti puzzle. Penataan tempat duduknya pun
seperti konsep pada umumnya, mengelompok pada satu meja dalam enam kursi,
sehingga anak lebih mudah berekspresi dalam proses belajar. Dibagian atap terdapat hiasan yaitu
gantungan berbagai macam bunga dan burung.Sudah terdapat MCK yang baik.
3.
Kegiatan awal
Sebelum
diadakannya kegiatan belajar di dalam kelas, terlebih dahulu dilakukan di luar
kelas. Kegiatan tersebut antara lain, guru mulai memanggil anak-anak dan
menyiapkan anak-anak untuk berbaris dihalaman depan, dimana TK A dan TK B
saling berhadapan. Kemudian guru member salam, bertanya apa kabar kepada
anak-anak, kegiatan hari ini dan dilanjutkan dengan berdoa ( al fatihah dan doa
sebelum belajar ), as breaking( bernyanyi sambil bertepuk), dan menghafal
surat-surat pendek.
Setelah itu
anak mulai anak mulai masuk kelas, tetapi sebelum masuk kelas anak diberi
pertanyaan siapa yang bisa menjawab dan benar ialah yang masuk kelas. Salah
satu pertanyaannya ialah “ Menyebutkan nama-nama tanaman yang ditanam pada hari
kemarin”. Setelah itu barulah dilanjutkan kegiatan dikelas.
4.
Kegiatan Inti
Sebelum kegiatan di kelas dimulai,
guru mengkondisikan anak-anak agar duduk dengan rapi. Setelah itu membaca bismillah, dilanjutkan
dengan membaca Al Fatihah(dengan lagu) dan doa sebelum belajar, membaca
syahadat, senandung Al-Qur’an dan tepuk pintar. Setelah itu guru mengevaluasi tentang hafalan surat Al lahab yang
telah diajarkan pada hari sebelumnya.
Kemudian guru bercerita tentang
tebu, sebelum bercerita guru bertanya siapa yang sudah makan tebu,
apa rasanya tebu, siapa yang menanam tebu dan dimana tebu itu ditanam.
Setelah guru
bercerita, guru juga tumbuhan apa saja yang bisa tumbuh dengan batang
bukan biji, salah satunya singkong yang menunjukkan daun singkong. Dan daun
singking tersebut dijadikan alat bermain yaitu anak melompat dengan satu kaki
untuk mengambil daun singkong dengan bergantian peragaannya.
Kemudian dilanjutkan dengan belajar
membuat pohon cemara dengan menempelkan potongan pohon cemara pada kertas dan mengeja
tulisan CEMARA, mencari petunjuk jalan yang benar dengan menggunakan warna,
menebalkan nama buah yang sesuai pada gambar. Bagi anak yang sudah selesai
mengerjakan tugasnya, guru member mainan yaitu puzzle selagi menunggu temannya
yang belum selesai mengerjakan tugas. Setelah semua selesai anak-anak membereskan
alat tulis dan mainannya, kemudian istirahat. Ketika istirahat anak-anak senang
sekali, mereka memakan bekal masing-masing, tetapi ada juga yang tidak membawa
bekal, bermain dengan TK B, berlari dan ada juga belajar mengaji pada ibu guru.
5.
Kegiatan Penutup
Setelah istirahat anak kembali ke
kelas, sebelum pulang guru memperkenalkan bentuk segitiga, persegi, dan
lingkaran. Kemudian anak-anak menyebutkan benda apa saja yang mirip dengan segitiga, persegi dan lingkaran.
Setelah itu anak-anak bernyanyi, bertepuk dan as breaking. Kemudian
anak-anak membaca doa untuk kedua orang tua, diri sendiri, membaca surat Al Asr
dan doa mau pulang beserta artinya yang dipimpin oleh salah satu anak. Setelah
selesai anak-anak bersiap-siap untuk pulang, kemudian bersalaman dengan
guru-guru dan pulang kerumah masing-masing.