Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Prakerin Bahan Pembuatan Roti Ganep's

Ilustrasi bahan pebuatan Roti

Bahan Baku Pembuatan Roti
  1. Roti
Roti adalah sejenis makanan. Bahan dasar utama roti adalah tepung terigu dan air yang difermentasikan oleh ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis
  1. Bahan Baku
a.       Tepung Terigu
Tepung terigu dapat dikatakan bahan utama pembuatan roti, bukan tepung jagung, tepung beras atau tepung lainnya. Mengapa demikian? Sebab, tepung terigu yang dihasilkan dari biji gandum ini merupakan tepung yang paling baik dalam pembuatan roti karena adanya gluten, protein yang tidak larut dalam air dan elastis, yang berperan menjadi kerangka roti. Bahan untuk membuat roti harus mengandung Gluten, gluten adalah jenis protein yang apabila dicampur dengan air dengan perbandingan tertentu akan membentuk adonan yang koloid dan elastic dan dapat menahan gas serta membentuk struktur spons apabilka dipanggang
Gluten hanya ditemui dalam tepung terigu. Gluten inilah yang dapat membuat roti berkembang baik. Kerja sama gluten dengan ragi dan pati, akan membentuk jaringan sel yang cukup elastis untuk membuat roti mengembang dan kuat menahan gas yang terbentuk oleh ragi, sehingga adonan tidak mengempis kembali.
Makin tinggi kandungan protein dalam tepung, makin baik hasil produksinya. Sehingga, syarat utama tepung terigu untuk pembuatan roti adalah yang kandungan proteinnya tinggi. Anda boleh saja menggunakan tepung terigu protein sedang agar hasilnya lebih lembut, tetapi elastisitasnya berkurang. Untuk hasil roti yang lembut, berserat halus dan elastis, kombinasikan tepung terigu protein tinggi dengan protein sedang.
b.      Mentega
Mentega adalah produk makanan susu, dibuat dengan mengaduk krim yang didapat dari susu. Biasanya digunakan sebagai olesan roti dan biskuit, sebagai perantara lemak di beberapa resep roti dan masakan, dan kadang-kadang bahan untuk menggoreng. Pengganti mentega ialah margarin, yang biasanya lebih murah, dan memiliki sedikit lemak dan kolesterol.
c.       Gula Pasir
Berfungsi sebagai energi bagi ragi untuk memulai aktivitasnya sehingga proses pengembangan menjadi lebih cepat, memberi rasa manis, membuat roti lebih empuk dan memberi warna kulit roti dengan proses karamelisasinya.

Ada 2 jenis gula yaitu sebgai berikut:
  • 1)    Monosakarida / gula sederhana yang langsung dapat dimakan oleh ragi (gula sederhana).
Contoh: Glukosa, Fluktosa dan desktrosa.
  • 2)       Disakarida (gula ganda yang harus diubah dahulu untuk menjadi monosakarida dengan bantuan ezim.
Contoh: Sukrosa, Maltosa dak Laktosa
Walau demikian, roti yang mengandung terlalu banyak gula akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembang karena gula juga bertindak sebagai pengawet yang dapat menghambat kerja ragi.
d.      Telur
Umumnya yang dipakai hanya kuningnya, karena sifatnya serupa dengan telur utuh. Saat pengulenan, kuning telur akan beremulsi sehingga mampu mengentalkan dan mengikat bahan lain menjadi adonan yang kompak dan seragam. Sedangkan saat pemanggangan, protein kuning telur akan naik ke permukaan, dan membentuk kulit yang lunak, empuk dan kecoklatan.
e.       Air
Air adalah salah satu bahan penting dari bahan utama dalam pembuatan roti, mengapa demikian? Karena air bertindak sebagai zat pengikat bahan yang memungkinkan terjadinya proses fermentasi.

Fungsi air pada pembuatan roti:
  1. Sebagai penyebar bahan (Sebagai pelarut bahannya agar menjadi homogeny)
  2. Pengatur suhu adonan (harus dipanaskan apabila suhu tinggi dan sebaliknya) karena akan mempengaruhi hasil jadi roti
  3. Konsistensi adonan (Jumlah air yang ditambahkan pada adonan akan mempengaruhi proses fermentasi serta penentuan adonan)
  4. Sebagai pembentuk struktur (Gas CO2 membuat roti mengembang harus ditambahkan air)
  5. Sebgai penyedia makanan khamir (Substrat, Suhu, Air)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.