Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Hasil Obervasi di TK Aisyiyah Surakarta

Setelah diadakan observasi di TK Aisyiyah diperoleh hasil sebagai berikut:

1.       Cara penyambutan Anak
Guru datang lebih awal dari pada anak didiknya, setelah itu para guru menyiapkan alat-alat perlengkapan belajar maupun bermain yang akan dilakukan dalam kegiatan belajar. Saat anak-anak mulai datang, guru menyambut anak-anak di depan pintu gerbang serta bersalaman dan memberi salam.

2.       Penataan Lingkungan
Penataan lingkungan sudah cukup rapi, hanya saja permainannya masih kurang hingga kadang kadang-kadang anak harus berebut mainan. Dihalaman sekolah hanya terdapat ayunan, jungkat jungkit, perosotan dan jembatan rantai.
Didalam kelas terdapat perlengkapan belajar maupun bermain, di bagian depan kelas terdapat papan tulis dan meja kursi guru, selain itu didinding depan terdapat gambar buah-buahan, huruf, angka dan huruf hijaiyah. Di bagian samping terdapat rak yang langsung direkatkan pada dinding, didalam rak tersebut terdapat banyak benda tiruan seperti  bentuk hewan, buah, segitiga, persegi dll. Dibagian belakang kelas terdapat lemari dan rak buku. Dalam rak terdapat buku pelajaran anak-anak, alat tulis, alat gambar dan hasil kreasi anak-anak, didalam lemari terdapat permainan anak-anak seperti puzzle. Penataan tempat duduknya pun seperti konsep pada umumnya, mengelompok pada satu meja dalam enam kursi, sehingga anak lebih mudah berekspresi dalam proses belajar. Dibagian atap terdapat hiasan yaitu gantungan berbagai macam bunga dan burung.Sudah terdapat MCK yang baik.

3.       Kegiatan awal
Sebelum diadakannya kegiatan belajar di dalam kelas, terlebih dahulu dilakukan di luar kelas. Kegiatan tersebut antara lain, guru mulai memanggil anak-anak dan menyiapkan anak-anak untuk berbaris dihalaman depan, dimana TK A dan TK B saling berhadapan. Kemudian guru member salam, bertanya apa kabar kepada anak-anak, kegiatan hari ini dan dilanjutkan dengan berdoa ( al fatihah dan doa sebelum belajar ), as breaking( bernyanyi sambil bertepuk), dan menghafal surat-surat pendek.
Setelah itu anak mulai anak mulai masuk kelas, tetapi sebelum masuk kelas anak diberi pertanyaan siapa yang bisa menjawab dan benar ialah yang masuk kelas. Salah satu pertanyaannya ialah “ Menyebutkan nama-nama tanaman yang ditanam pada hari kemarin”. Setelah itu barulah dilanjutkan kegiatan dikelas.

4.       Kegiatan Inti
Sebelum kegiatan di kelas dimulai, guru mengkondisikan anak-anak agar duduk dengan rapi. Setelah itu membaca bismillah, dilanjutkan dengan membaca Al Fatihah(dengan lagu) dan doa sebelum belajar, membaca syahadat, senandung Al-Qur’an  dan tepuk pintar. Setelah itu guru mengevaluasi tentang hafalan surat Al lahab yang telah diajarkan pada hari sebelumnya.
Kemudian guru bercerita tentang tebu, sebelum bercerita guru  bertanya siapa yang sudah makan tebu, apa  rasanya tebu, siapa yang menanam tebu dan dimana tebu itu ditanam. Setelah guru bercerita, guru juga  tumbuhan apa saja yang bisa tumbuh dengan batang bukan biji, salah satunya singkong yang menunjukkan daun singkong. Dan daun singking tersebut dijadikan alat bermain yaitu anak melompat dengan satu kaki untuk mengambil daun singkong dengan bergantian peragaannya.
Kemudian dilanjutkan dengan belajar membuat pohon cemara dengan menempelkan potongan pohon cemara pada kertas dan mengeja tulisan CEMARA, mencari petunjuk jalan yang benar dengan menggunakan warna, menebalkan nama buah yang sesuai pada gambar. Bagi anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya, guru member mainan yaitu puzzle selagi menunggu temannya yang belum selesai mengerjakan tugas. Setelah semua selesai anak-anak membereskan alat tulis dan mainannya, kemudian istirahat. Ketika istirahat anak-anak senang sekali, mereka memakan bekal masing-masing, tetapi ada juga yang tidak membawa bekal, bermain dengan TK B, berlari dan ada juga belajar mengaji pada ibu guru.

5.       Kegiatan Penutup
Setelah istirahat anak kembali ke kelas, sebelum pulang guru memperkenalkan bentuk segitiga, persegi, dan lingkaran. Kemudian anak-anak menyebutkan benda apa saja yang mirip dengan segitiga, persegi dan lingkaran. Setelah itu anak-anak bernyanyi, bertepuk dan as breaking.  Kemudian anak-anak membaca doa untuk kedua orang tua, diri sendiri, membaca surat Al Asr dan doa mau pulang beserta artinya yang dipimpin oleh salah satu anak. Setelah selesai anak-anak bersiap-siap untuk pulang, kemudian bersalaman dengan guru-guru dan pulang kerumah masing-masing.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.