Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Kajian Pustaka Karya Ilmiah Biopori


A.    Siklus Hidrologi
Di bumi terdapat kira-kira sejumlah 1,3 – 1,4 milyard km3 air,  97,5% adalah air laut, 1,75% berbentuk es dan 0,73% berada di daratan sebagai air sungai, air danau, air tanah dan sebagainya. Hanya 0,001% berbentuk uap di udara. Sebagaian air hujan yang tiba di permukaan tanah akan masuk kedalam tanah (infiltrasi). Bagian lain yang merupakan kelebihan akan mengisi lekuk-lekuk permukaan tanah, kemudian mengalir kedaerah-daerah yang rendah, masuk kesungai-sungai dan akhirnya kelaut.
Supaya air tidak cepat mengalir ke laut maka dibuatlah Lubang Resapan Biopori (LBR) atau disebut sebagai sumur biopori (resapan) untuk menampung sebagian dari air huja atau air bekas cucian karena jika air tidak bisa tertampung sementara maka air akan cepat mengalir ke laut dengan cepat dan akibat naiknya volume air laut itu akan memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat yang bertempat tinggal dekat dari laut atau pantai. Oleh karena itu salah satu cara yang efektif adalah dengan cara membuat LRB di daerah kita khususnya di tempat yang rawan banjir dan yang sulit diserapi air, contanya jalan aspal, plester perkantoran serta diarea gedung-gedung yang 90% areanya sudah diplester. Maka diharapkan agar membuat LRB, dengan begitu ancaman isu bahwa pulau jawa Akan tenggelam akan bisa dikurangi dengan pembuatan LRB tersebut, dan anak cucu kita nantinya bisa menatap masa depan dengan tenang tidak ada kegelisahan dengan pulau yang mereka tinggali.

B.     Pengertian Biopori
Banyak orang yang belum mengetahui arti, makna atau pengertian dari istilah ‘biopori’, tetapi ada juga yang sudah paham arti dari istilah tersebut,  dan ada beberapa yang hanya sekedar tahu, tapi pemahamannya belum.Oleh karena itu,penulis akan menjelaskan pengertian dari istilah ”Biopori” yaitu sebagai berikut :
Biopori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat akitifitas organisme di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap, dan fauna tanah lainnya. Lubang tersebut akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut.
Untuk lebih memahami dari penjelasan diatas, penulis pada bagian ini akan menampilkan beberapa gambar tentang biopori. Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 - 30 cm dan kedalaman sekitar 100 cm, atau dalam kasus tanah dengan permukaan air tanah dangkal, tidak sampai melebihi kedalaman muka air tanah. Lubang diisi dengan sampah organik untuk memicu terbentuknya biopori.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.