Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Metode dan Hasil Penelitian Biopori


METODE PENELITIAN

Eksperimen yang kami lakukan adalah dengan pembuatan LRB di area SMK Negeri dengan jumlah lubang 30 lubang dengan kedalaman 1 meter dan berdiameter 10-30cm.

Perancangan Lokasi
Dalam hal perancangan  pembuatan biopori, misalnya pada alas saluran air hujan di sekitar rumah, kantor, sekolah, di sekeliling pohon, pada tanah kosong antar tanaman atau batas tanaman.

Perancangan Pembuatan
Langkah terakhir yaitu kita tinggal mempraktekkan bagaimana cara pembuatan biopori yang disarankan oleh para ahli. Dari sinilah kita bisa tahu cara pembuatannya secara langsung.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan perencanaan dari eksperimen yang kami lakukan adalah dengan pembuatan LRB di area SMK Negeri dengan jumlah lubang 30 lubang dengan kedalaman 1 meter dan berdiameter 10-30cm lubang diisi dengan sampah organik.

Manfaat Biopori
Manfaat dari diterapkannya biopori dalam lingkungan adalah memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah, membuat kompos alami dari sampah organik daripada dibakar, mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit, mengurangi air hujan yang dibuang percuma ke laut, mengurangi resiko banjir di musim hujan, maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah, mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.

KESIMPULAN
Lubang Resapan Biopori (LRB) secara umum adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktivitas organisme di dalamnya, seperti cacing, perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang - lubang yang terbentuk akan terisi udara dan akan menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah. Bila dilihat dari segi manfaatnya, biopori memiliki banyak keuntungan, yaitu bisa mencegah banjir, menyuburkan tanah, menghasilkan pupuk kompos, dan sebagainya.
Penulis menyarankan bagi masyarakat untuk dapat menerapkan lubang resapan biopori sebagai alternatif teknologi tepat guna dan ramah lingkungan dalam penyelamatan lingkungan untuk upaya pencegahan lahan kritis

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.