Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Metode Pengawetan Pangan




Berbagai metode untuk mengawetkan Produk Makanan. Termasuk deskripsi Akan menjadi proses Pemanasan Serta Berbagai METODE melestarikan menggunakan Suhu dingin. Detail pada setiap kategori akan tergantung pada popularitasnya. Detil pada setiap Kategori PADA Akan tergantung popularitasnya.


Makanan Diawetkan Dengan Makanan Diawetkan DENGAN Panas

Tekanan proses
Hal ini dimungkinkan untuk menghancurkan sel-sel bakteri dan spora oleh paparan panas untuk berbagai panjang waktu. Hal ini dimungkinkan UNTUK menghancurkan sel-sel Bakteri murah spora oleh paparan panas UNTUK Berbagai Waktu Panjang. Tingkat keparahan proses tergantung pada pH makanan. Tingkat keparahan tergantung proses PADA pH Makanan. Makanan yang memiliki pH melebihi 4,6 (asam rendah) harus diproses di bawah tekanan untuk mencapai "sterilitas komersial". Makanan Yang memiliki pH melebihi 4,6 (asam rendah) Harus diproses di bawah tekanan UNTUK mencapai "sterilitas komersial". Yang merupakan kondisi dicapai dengan penerapan panas yang membuat makanan tersebut bebas dari bentuk layak mikroorganisme penting kesehatan masyarakat, serta setiap mikroorganisme non-kesehatan signifikansi mampu mereproduksi dalam makanan di bawah kondisi penyimpanan normal. Yang merupakan penerapan Kondisi dicapai DENGAN panas cara membuat Makanan Yang bebas Dari Bentuk tersebut layak mikroorganisme Result Kesehatan Masyarakat, Serta setiap mikroorganisme non-Kesehatan signifikansi Mampu mereproduksi Dalam, Makanan di bawah Kondisi penyimpanan yang normal. Para pengalengan rendah asam makanan memerlukan investasi modal yang besar sehingga detail lebih lanjut tidak diperlukan untuk publikasi ini. Para Pengalengan rendah asam Makanan memerlukan modal Investasi Yang Lebih rinci gede sehingga lanjut Tidak diperlukan UNTUK Publikasi ini.

Asam / diasamkan Makanan
Makanan asam memiliki pH alami 4,6 atau kurang seperti tomat. Makanan asam memiliki pH 4,6 atau Kurang Alami seperti tomat. Karena keasaman alami produk ini dapat dimasak pada suhu atmosfer (212 ° F) atau kurang, biasanya sekitar 190 ° F, dan mengisi panas untuk pelestarian. KARENA keasaman Alami Produk ini dapat dimasak PADA Suhu atmosfer (212 ° F) atau Kurang, biasanya Sekitar 190 ° F, murah Mengisi panas UNTUK pelestarian. Banyak buah dan jus mereka diproses dengan cara ini. Banyak, buah murah cuma mereka diproses DENGAN cara ini.
Kadang-kadang asam atau makanan asam yang ditambahkan ke makanan asam rendah untuk menghasilkan produk yang memiliki pH kesetimbangan akhir 4,6 atau kurang: Makanan-makanan ini disebut diasamkan dan memiliki regulasi khusus pada Kode Peraturan Federal (CFR). Banyak produk yang prosesor baru mencoba untuk menghasilkan jatuh dalam kategori ini. Produk Yang Banyak, prosesor baru Mencoba UNTUK menghasilkan Jatuh Dalam, Kategori nya. Relishes, saus panas dan produk yang paling banyak disebut acar makanan diasamkan. Relishes, saus panas murah Produk Yang pagar BANYAK disebut acar Makanan diasamkan. Peraturan yang ketat telah ditetapkan untuk produk ini, lihat bagian bawah peraturan CFR 114. Peraturan Yang Telah ditetapkan ketat UNTUK Produk ini, lihat BAGIAN bawah Peraturan CFR 114.

Makanan Diawetkan DENGAN Dingin

Refrigerated Beku
Metode pelestarian adalah semakin meningkat popularitasnya. METODE pelestarian adalah popularitasnya semakin MENINGKAT. Ini melibatkan pencampuran dan / atau pengolahan makanan dan kemudian dingin mereka untuk suhu tepat di atas titik beku air, sekitar 32-36 ° F Ini melibatkan pencampuran murah / atau pengolahan Makanan murah kemudian dingin mereka UNTUK Suhu Tepat di Atas Titik beku udara, Sekitar 32-36 ° F Pertumbuhan mikroorganisme yang paling terhambat pada suhu tersebut dan banyak akan dibunuh. Pertumbuhan mikroorganisme Yang pagar tersebut terhambat PADA Suhu murah BANYAK Akan dibunuh. Namun ada, mikroorganisme tertentu yang mampu tumbuh lambat dan spora tidak bertahan hidup. Namun ada, mikroorganisme tertentu Yang Mampu Tumbuh lambat murah spora Tidak Bertahan Hidup. Penyalahgunaan dalam suhu memegang ke atas 38 ° F. Penyalahgunaan Dalam, Suhu memegang Ke Atas 38 ° F dapat menyebabkan masalah pembusukan dan penurunan rak-hidup. dapat menyebabkan penurunan Masalah pembusukan murah rakaat-Hidup. Organisme tertentu yang mampu menyebabkan penyakit karena makanan juga bisa menjadi masalah. Organisme Yang Mampu tertentu menyebabkan Penyakit KARENA Makanan Bisa juga menjadi Masalah.

Pembekuan
Ini mungkin salah satu bentuk yang paling aman pengawetan makanan. Ujug ini salah Satu Bentuk Yang Paling aman pengawetan Makanan. Makanan beku biasanya diadakan di O ° F. Makanan beku biasanya diadakan di O ° F. proses pembekuan dan penyimpanan membunuh sebagian besar bakteri, tetapi spora yang mampu bertahan. Proses pembekuan murah penyimpanan membunuh sebagian gede Bakteri, tetapi spora Yang Mampu Bertahan. Setelah beku makanan yang dicairkan mereka harus segera dimanfaatkan. Setelah beku Makanan Yang Harus Segera dicairkan mereka dimanfaatkan.
Peralatan untuk makanan beku dapat cukup mahal dan energi untuk mengoperasikannya juga mahal. Peralatan UNTUK Makanan beku dapat Cukup mahal murah energi UNTUK mengoperasikannya juga mahal. Operasi skala kecil ada, tapi operasi pembekuan biasanya paling membutuhkan investasi modal yang tinggi. Operasi Skala Kecil ada, trus Operasi pembekuan biasanya pagar membutuhkan modal Investasi Yang Tinggi.

Makanan Diawetkan dengan Mengurangi Moisture

Pengeringan
Bakteri, ragi dan jamur seperti orang, bahwa mereka harus memiliki kelembaban untuk bertahan hidup. Bakteri, jamur ragi murah seperti Orang, bahwa mereka memiliki kelembaban Harus Bertahan Hidup UNTUK. Makanan dehidrasi dan beku-kering memiliki tingkat kelembaban rendah dan oleh karena itu rak stabil pada suhu kamar. Makanan dehidrasi murah beku-kering memiliki tingkat kelembaban rendah KARENA ITU murah oleh rakaat stabil PADA Suhu Kamar. Kelembaban dihapus dalam makanan kering karena udara panas, sedangkan kering-beku produk yang diproduksi di bawah vakum dengan panas minimal yang terlibat. Kelembaban dihapus Dalam, Makanan kering Udara panas KARENA, sedangkan kering-beku Produk Yang diproduksi di bawah vakum DENGAN panas minim Yang terlibat.

Mengurangi aktivitas Air
Aktivitas Air (aw) mungkin merupakan istilah baru bagi kebanyakan orang. Aktivitas Air (w) Ujug Istilah baru merupakan BAGI kebanyakan Orang. Ini pada dasarnya adalah ukuran air bebas atau tersedia dalam sistem pangan. PADA dasarnya ini adalah ukuran udara bebas atau Tersedia Dalam, Sistem Pangan. Ini adalah keseimbangan kelembaban relatif dari makanan dibagi dengan 100. Ini adalah keseimbangan kelembaban relatif Dari Makanan dibagi DENGAN 100. Air murni memiliki w 1,0. Air murni memiliki 1,0 w. Sebagian besar makanan akan berada di 0,97-0,99, tetapi zat-zat terlarut seperti gula dan garam akan menurunkan pembacaan ini dengan mengikat kelembaban. Sebagian Besar Makanan Akan berada di 0,97-0,99, tetapi Zat-Zat terlarut seperti garam gula murah Akan menurunkan Pembacaan ini mengikat kelembaban DENGAN. Zat-zat lain yang dapat mengurangi aktivitas air meliputi: pati; fosfat; alkohol polihidrat seperti sorbitol; mamitol, propilen glikol dan gliserol. Zat-Zat Yang lain dapat mengurangi Aktivitas udara meliputi: pati, Fosfat; ALKOHOL polihidrat seperti sorbitol; mamitol, propilen glikol murah gliserol. Makanan kering memiliki w dari 0,60 atau kurang. Makanan kering memiliki w Dari 0,60 atau Kurang. Bakteri membutuhkan air lebih dari ragi paling dan cetakan. Bakteri membutuhkan udara Lebih Dari ragi pagar murah Cetakan. Ragi dapat tumbuh di mana osmophilic ada kelembaban sangat sedikit tersedia. Ragi dapat Tumbuh di mana osmophilic ada kelembaban sangat Sedikit Tersedia.
Gula tinggi dan asam adalah dua faktor utama untuk melestarikan selai dan jeli. Gula Tinggi asam murah adalah faktor doa Utama UNTUK melestarikan selai murah Jeli. Dips keju tertentu berdasarkan juga diawetkan dengan menurunkan aw dan pengendalian pH. Dips keju tertentu juga diawetkan berdasarkan DENGAN menurunkan w murah mengendalikan pH.

Kemacetan, jeli & Related Produk
Jeli, selai dan memelihara adalah barang populer dengan prosesor khusus makanan banyak. Jeli, selai murah adalah memelihara barang Populer DENGAN prosesor Khusus Makanan BANYAK. Memproduksi produk yang berkualitas yang jells benar tidak selalu mudah. Memproduksi Produk Yang Berkualitas Yang Tidak Selalu Benar jells Mudah. Kadang-kadang satu berakhir dengan topping es krim bukan jeli. Kadang-kadang Berakhir Satu topping es krim DENGAN Bukan Jeli.
Keempat bahan penting untuk pembuatan jelly yang tepat adalah buah, pektin, asam dan gula. Keempat bahan Result UNTUK Pembuatan jelly Yang Tepat adalah buah, pektin, asam murah gula. Bahan-bahan harus hadir dalam jumlah yang tepat untuk menghasilkan sebuah produk dibeku diterima. Bahan-bahan Harus hadir Yang Tepat Dalam, Jumlah UNTUK menghasilkan Sebuah Produk dibeku diterima.
Beberapa buah-buahan, seperti apel, memiliki cukup pektin alami untuk membuat produk yang berkualitas tinggi. Beberapa buah-buahan, seperti Apel, memiliki pektin Alami Cukup UNTUK Produk Yang Berkualitas cara membuat Tinggi. Lainnya memerlukan pektin ditambahkan terutama jika mereka digunakan untuk membuat jelly; yang harus tegas. Lainnya memerlukan pektin ditambahkan terutama jika mereka digunakan cara membuat jelly UNTUK; Yang Harus tegas. Kebanyakan prosesor lebih suka menambahkan pektin untuk semua formulasi sehingga mereka dapat menggunakan buah-buahan masak, mengurangi waktu memasak, dan meningkatkan hasil panen. Kebanyakan prosesor Lebih suka menambahkan pektin UNTUK Semua Formulasi sehingga mereka dapat menggunakan buah-buahan masak, mengurangi Waktu memasak, murah meningkatkan hasil Panen.
Gula konsentrasi dan pH dua faktor yang sangat penting dalam pembuatan jeli. Gula konsentrasi murah pH doa faktor Yang sangat Result Dalam, Pembuatan Jeli. Biasanya pH 3,1 dengan kadar gula 67,5% dianggap optimal. Biasanya pH 3,1 Kadar gula DENGAN 67,5% dianggap optimal.
Ada beberapa referensi yang sangat baik pada pembuatan jelly termasuk, "Buku Pegangan untuk Industri Pengolahan Buah" dari Hercules, Inc dan A Kursus Lengkap di Pengalengan, terdaftar di bawah referensi. Ada beberapa Referensi Yang sangat Baik PADA Pembuatan jelly Termasuk, "Buku pegangan Industri Pengolahan Buah UNTUK" Dari Hercules, Inc murah Sebuah Kursus Lengkap di Pengalengan, Terdaftar di bawah Referensi.

METODE pelestarian lainnya

Aseptik hama
Proses ini melibatkan sterilisasi makanan pada suhu tinggi untuk waktu yang singkat, pendinginan dalam ruang steril dan kemudian kemasan produk dalam wadah steril dalam kondisi aseptik. Proses ini melibatkan sterilisasi Makanan PADA Suhu Tinggi Waktu Yang Singkat UNTUK, pendinginan Dalam, Ruang steril murah kemudian kemasan steril Produk Dalam, Wadah Dalam, Kondisi aseptik. Sistem ini secara historis hanya digunakan pada produk asam yang tinggi. Sistem ini secara historis digunakan PADA Hanya hasil ditemukan asam Yang Tinggi. Namun, ada beberapa asam rendah-produk yang dihasilkan hari ini. Namun, ada beberapa asam rendah-Produk Yang dihasilkan hari ini. Peralatan yang mahal dan keahlian teknologi adalah suatu keharusan untuk pemrosesan aseptik. Peralatan Yang mahal murah keahlian Teknologi adalah suatu keharusan UNTUK pemrosesan aseptik.

Penyinaran
Penggunaan radiasi pengion telah dibersihkan untuk digunakan pada buah-buahan mentah, sayuran mentah, rempah-rempah dan daging babi mentah. Penggunaan radiasi pengion digunakan Telah dibersihkan UNTUK buah-buahan PADA mentah, Sayuran mentah, rempah-rempah daging babi mentah murah. Ini adalah proses dingin dengan sedikit panas yang terlibat. Ini adalah proses dingin panas DENGAN Sedikit Yang terlibat. Ini akan memperpanjang kehidupan rak-produk di atas bernama. Akan Kehidupan ini memperpanjang rakaat-Produk di Atas Bernama. Penerimaan konsumen dan biaya tinggi dari fasilitas iradiasi akan menunda penggunaan iradiasi dalam sistem makanan kita. Penerimaan Konsumen murah biaya Tinggi Dari Fasilitas iradiasi Akan menunda penggunaan iradiasi Dalam, Sistem Makanan Kita.

Pengawet
Pengawet berbagai jenis telah digunakan selama bertahun-tahun. Pengawet Berbagai Jenis Telah digunakan selama bertahun-Tahun. Merokok dan garam dua zat yang paling awal digunakan. Merokok murah garam doa Zat Yang Paling Awal digunakan. Ada banyak orang lain yang digunakan saat ini. Ada BANYAK Orang Yang lain digunakan SAAT ini.
Pengawet dapat dibagi menjadi dua kategori sesuai dengan fungsinya;
  1. Mereka yang bertindak untuk mengendalikan atau mencegah pertumbuhan mikroba, 
  2. Yang digunakan untuk mengontrol reaksi kimia yg memburuk seperti ketengikan.
Garam-garam dari berbagai asam seperti propionat, sorbat, dan benzoat adalah beberapa inhibitor mikroba paling penting yang digunakan dalam makanan. Garam-garam asam Dari Berbagai seperti propionat, sorbat, murah benzoat adalah penghambat beberapa mikroba pagar Result Yang digunakan Dalam, Makanan. Kalsium propionat ditambahkan ke, produk panggang roti dan lainnya untuk menghambat pertumbuhan jamur. Kalsium propionat ditambahkan ke, produk panggang roti murah lainnya menghambat pertumbuhan jamur UNTUK. Kalium sorbat juga efektif terhadap jamur serta ragi dalam keju, sirup, minuman ringan, selai, mayones dan acar. Kalium sorbat juga efektif terhadap jamur ragi Serta Dalam, keju, sirup, minuman Ringan, selai, mayones acar murah. Sodium benzoat adalah pengawet sangat efektif terhadap ragi dan bakteri dalam makanan asam tinggi seperti saus dan minuman buah. Sodium benzoat adalah pengawet sangat efektif terhadap ragi murah Bakteri Dalam, Makanan Tinggi asam seperti minuman buah saus murah. Hal ini juga populer untuk digunakan dalam minuman berkarbonasi. Hal ini juga digunakan Populer UNTUK minuman berkarbonasi.
Paraben belum lagi pengawet yang aktif Kategori Melawan murah kapang ragi. Efektivitas metil propil paraben dan antimikroba yang terbaik pada pH 7 atau di atas. Efektivitas metil propil paraben murah antimikroba Yang Terbaik PADA pH 7 atau di Atas.
Sulfur dioksida telah digunakan sebagai agen pembersih dalam pembuatan anggur sejak zaman kuno. Sulfur dioksida Telah digunakan sebagai agen pembersih Dalam, Pembuatan Anggur Sejak Zaman Kuno. Hari sulfur dioksida dan sulfit yang garam berguna dalam mengendalikan pertumbuhan mikroba dan mempertahankan warna dalam berbagai macam produk makanan. Hari belerang dioksida murah sulfit Yang Berguna Dalam, garam mengendalikan pertumbuhan mikroba murah mempertahankan warna Berbagai macam Produk Dalam, Makanan. Sulfur dioksida dan bentuk-bentuk natrium dan kalium sulfit, bisulfit dan meta bisulfit semua dianggap GRAS (Umumnya Diakui Sebagai Safe) untuk digunakan dalam makanan kecuali buah segar dan sayuran (selain kentang) meskipun status mereka sedang dikaji oleh FDA aktif. Sulfur dioksida Bentuk-Bentuk Dan natrium kalium sulfit murah, murah meta bisulfit bisulfit Semua dianggap GRAS (Umumnya Diakui Sebagai Safe) UNTUK digunakan Dalam, Makanan kecuali buah Sayuran Segar murah (selain kentang) meskipun mereka sedang dikaji statusnya oleh FDA aktif.
Agen antimikroba yang efektif Sulfiting adalah pemelihara kualitas, termasuk warna dan rasa, bagaimanapun, keselamatan mereka telah datang di bawah pengawasan dekat. Agen antimikroba Yang efektif adalah pemelihara Sulfiting Kualitas, Termasuk warna murah rasa, bagaimanapun, keselamatan mereka datang di bawah Telah Pengawasan dekat. Hal ini karena reaksi merugikan yang dialami oleh penderita asma tertentu, termasuk beberapa kematian. Hal ini KARENA Reaksi merugikan Yang dialami oleh penderita asma tertentu, Termasuk beberapa Kematian. Diperkirakan bahwa sekitar 8% dari populasi asma sensitif terhadap zat ini. Diperkirakan bahwa Sekitar 8% populasi asma Dari Sensitif terhadap Zat ini. Jika Anda menggunakan agen sulfiting, termasuk dalam pernyataan bahan. Jika ANDA menggunakan agen sulfiting, Termasuk Dalam, pernyataan bahan. Sifat dan batasan penggunaan beberapa bahan pengawet yang umum digunakan tercantum pada Tabel . Sifat murah Batasan penggunaan bahan pengawet beberapa Umum Yang digunakan tercantum PADA Tabel

Tabel. Properties dan Batas Penggunaan Pengawet Umum Digunakan
Agen
Rentang pH optimum
Target Organisme
Gunakan Batas
Benzoat natrium atau kalium
2.5 - 4.0
ragi & bakteri
tidak melebihi 0,1% menurut beratnya
Kalium Sorbate
6.0 atau kurang
cetakan & ragi
tidak melebihi 0,1% menurut beratnya
Propionates
5.0 atau kurang
cetakan
tidak melebihi 0,3% menurut beratnya
Parabens
7.0 atau di atas
yeasts ragi
tidak melebihi 0,1% menurut beratnya
Sulfites and Sulfur Dioxide
4,5 atau kurang
ragi, jamur & bakteri
tergantung pada produk, bukan pilihan yang populer
Nitrit / Nitrat
5,0-5,5
Clostridium botulinium spora
Banyak digunakan dalam produk daging Sembuh.
Nitrit tidak melebihi 200 ppm.
Nitrat tidak melebihi 500 ppm.

Nitrit, pengawet lain Yang Penting Dalam, Yang digunakan makanan, mencegah pertumbuhan bertindak UNTUK Clostridium botulinum Dalam, daging sembuh. Nitrit juga bertanggung jawab untuk memperbaiki warna dalam produk serta meningkatkan rasa. Juga bertanggung jawab nitrit UNTUK Memperbaiki warna Dalam, Produk Serta meningkatkan rasa. Nitrit menggabungkan dengan amina di perut untuk nitrosamin bentuk, beberapa yang diketahui karsinogen. Nitrit menggabungkan DENGAN amina di perut UNTUK nitrosamin Bentuk, beberapa Yang Diketahui karsinogen. Menurunnya tingkat natrium nitrat yang sedang digunakan bersama dengan senyawa lain seperti hypophosphate, yang diyakini untuk memblokir pembentukan nitrosamin. Menurunnya tingkat natrium Nitrat Yang sedang digunakan senyawa lain Bersama DENGAN seperti hypophosphate, Yang diyakini pembentukan nitrosamin UNTUK memblokir.
Kategori kedua disebutkan sebelumnya berurusan dengan orang-orang pengawet yang bertindak dengan menghambat perubahan kimia yang merugikan. Kategori kedua disebutkan sebelumnya berurusan Orang-Orang DENGAN pengawet Yang bertindak DENGAN menghambat perubahan kimia Yang merugikan. Tengik adalah salah satu jenis yang paling umum dari pembusukan makanan yang dihasilkan dari jenis reaksi dalam makanan berlemak. Tengik adalah salah Satu Jenis Yang Paling Umum Dari pembusukan Makanan Yang dihasilkan Dari Jenis Reaksi Dalam, Makanan berlemak. Dua termasuk antioksidan lebih umum BHA (hydroxyanisole butylated) dan BHT (butylated hydroxytoluene). Dua Termasuk antioksidan BHA Lebih Umum (hydroxyanisole butylated) murah BHT (butylated hydroxytoluene). Propil galat sering digunakan dalam kombinasi dengan BHA atau BHT. Propil galat SERING digunakan Kombinasi Dalam, BHA atau BHT DENGAN. Selain itu, asam sitrat, asam fosfat dan asam askorbat sering ditambahkan untuk meningkatkan efektivitas BHA dan BHT. Selain ITU, asam sitrat, asam askorbat asam Fosfat murah SERING UNTUK meningkatkan efektivitas ditambahkan BHA BHT murah.
Chelating atau agen eksekusi ditambahkan ke makanan untuk mengikat jejak logam yang dapat bertindak sebagai katalis dalam pembusukan makanan. Chelating agen eksekusi atau ditambahkan ke Makanan UNTUK mengikat Jejak Logam Yang dapat bertindak sebagai katalis Dalam, pembusukan Makanan. Agen ini memainkan peran penting dalam mencegah mengaburkan apa yang harus minuman ringan jelas. Agen ini memainkan peran Result Dalam, mencegah mengaburkan apa Yang Harus Jelas Ringan minuman. Pencegahan perubahan warna buah dibantu oleh penambahan sejumlah kecil bahan pengawet tersebut. Pencegahan perubahan warna buah dibantu oleh sejumlah Penambahan bahan pengawet Kecil tersebut. Kalsium dinatrium etilen diamin tetracetate, atau dikenal sebagai EDT A, adalah mendapatkan popularitas karena kemampuannya untuk mencegah atau mengurangi perubahan warna, mengaburkan dan ketengikan. Kalsium dinatrium etilen diamin tetracetate, atau dikenal sebagai EDT A, adalah mendapatkan popularitas KARENA kemampuannya mencegah atau mengurangi UNTUK perubahan warna, mengaburkan murah ketengikan. Hal ini digunakan dalam berbagai produk seperti gaya krim jagung, kacang polong bermata hitam, saus salad dan bir. Hal ini digunakan seperti Produk Dalam, Berbagai gaya krim jagung, kacang polong bermata hitam, saus salad bir murah.
Pengawet biasanya digunakan dalam jumlah kecil, oleh karena itu perlu untuk memastikan produk dapat larut dan merata di seluruh batch. Pengawet biasanya digunakan Dalam, Jumlah Kecil, oleh KARENA ITU UNTUK njaluk memastikan hasil ditemukan dapat larut merata di Seluruh murah batch. Ini paling baik dilakukan dengan mencampur pengawet dalam liter atau wadah galon dan menambahkan bahwa ke campuran total. Baik pagar ini dilakukan mencampur DENGAN Dalam, pengawet atau Wadah liter Galon menambahkan bahwa murah ke Campuran total.



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.