Share Up To 110 % - 10% Affiliate Program

Pendahuluan Prakerin Rumpun SariKemuning


A.    LATAR BELAKANG
Teknologi pengolahan bahan pangan sekarang ini berkembang dengan pesat, seiring dengan pertumbuhan penduduk kebutuhan akan bahan pangan semakin bertambah. Peranan industri pangan secara keseluruhan di Indonesia cukup besar, terbukti dengan banyaknya tenaga kerja yang terserap dan komoditi pangan yang diekspor ke Luar Negeri. Jenis industri yang mengolah bahan baku dari hasil pertanianpun semakin beragam, karena Indonesia merupakan Negara agraris yang perekonomiannya bertumpu pada sektor pertanian. Salah satu komoditi hasil perkebunan yang memiliki arti penting adalah teh. Tanaman ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat dan pemerintah, selain itu juga merupakan sumber devisa non migas yang cukup besar karena nilai ekonominya yang tinggi.
Teh menjadi bahan minuman yang sangat digemari hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia dan diseluruh dunia setelah air. Dengan perkembangannya keberbagai belahan dunia, teh telah menjadi bagian yang menyatu dengan tradisi setempat. Teh merupakan functional food mengingat khasiat dan potensi yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan merupakan sumber zat gizi. Diantara beberapa senyawa kimia yang paling besar peranannya dalam pembentukan cita rasa dan berbagai khasiat istimewa teh adalah katekin.
Pada dasarnya teh diproses menjadi tiga jenis yaitu teh hitam, teh hijau dan teh oolong. Lebih dari tiga perempat teh dunia diolah menjadi teh hitam. Cara pengolahannya, daun dirajang dan dijemur dibawah sinar matahari sehingga mengalami perubahan kimiawi dan warna daun menjadi cokelat serta memberikan cita rasa teh hitam yang khas. Sedangkan pada teh hijau, daun teh sedikit mengalami proses pengolahan, yaitu hanya pemanasan dan pengeringan sehingga warna hijau dapat dipertahankan. Masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan industri pangan sekarang ini adalah bagaimana menghasilkan produk pangan yang terjamin keamanannya.Keamanan pangan merupakan jaminan bahwa produk pangan yang dihasilkan benar – benar aman untuk dikonsumsi, tidak mengandung bahan – bahan pencemar yang dapat mengganggu bahkan membahayakan kesehatan konsumen. Penyimpanan produk dapat berupa cemaran mikrobiolgis, logam, bahan kimia dan bahan lain yang mungkin masuk selama proses produksi berlangsung.
PT. RUMPUN SARI KEMUNING I merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian (perkebunan). Produk yang dihasilkan oleh PT. RUMPUN SARI KEMUNING I berupa teh hijau atau teh yang diolah menjadi teh setengah jadi atau belum begitu kering. Produk teh hijau yang diproduksi oleh PT. RUMPUN SARI KEMUNING I memberikan prospek yang bagus bagi perkebunan teh yang terdapat di sekitar wilayah Karanganyar karena belum begitu banyak pabrik yang memproduksi teh hijau bahkan sampai saat inipun PT. RUMPUN SARI KEMUNING I ini adalah satu – satunya pabrik yang ada di Karanganyar.

B.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan Tujuan kegiatan Prakerin di perusahaan PT. Rumpun Sari Kemuning adalah:
  1. Untuk memperluas pengetahuan dan wawasan berpikir dalam menerapkan ilmu yang dipelajari serta keterkaitannya dengan bidang ilmu yang lain 
  2. Meningkatkan wawasan siswa tentang bebagai kegiatan industry hasil pertanian 
  3. Memperoleh pengalaman kerja secara langsung sehingga dapat membadingkan antara teori yang diperoleh dengan aplikasinya di lapangan 
  4. Meningkatkan hubungan sekolah dengan dunia industri

C.    MANFAAT PRAKERIN
1.        Bagi Siswa
a)     Sebagai bahan perbadingan siswa terhadap ilmu yang diperoleh
b)     Kesempatan memperdalam ilmu maupun memahami profesi dalam suatu kehidupan yang nyata.
c)      Sebagai persiapan diri dan bekal untuk kemasyarakatan atau dunia industry.
2.       Bagi Sekolah Menengah Kejuruan
a)     Sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kurikulum dimasa depan
b)     Member kesempatan pada siswa untuk mengenal lebih dekat tentang industry
c)      Memberi peluang bagi siswa untuk berwirausaha
3.       Bagi Perusahaan
a)     Membantu memecahkan maslah-masalah industry yang dihadapai oleh perusahaan sesuai kapasitas keilmuan yang dimiliki oleh siswa.
b)     Perusahaan bisa terbantu oleh tenaga-tenaga para siswa yang prakerin.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.